Indonesia | English   Marubeni Indonesia     PT. Marubeni Indonesia
News
{slide}

Marubeni Corporation Memasuki Tahap Perjanjian Daya Beli Proyek Panas Bumi Rantau Dedap Indonesia

Kamis, 28 March 2013

Pada tanggal 12 November 2012, PT Supreme Energy Rantau Dedap Indonesia (SERD), sebuah perusahaan yang dibentuk khusus oleh Marubeni Corporation (Marubeni), PT SERD dan GDF Suez S.A (GDF Suez). Memasuki tahap perjanjian daya beli selama 30 tahun dengan perusahaan listik Negara Indonesia, PT PLN (Persero) perihal pengembangan pembangkit listrik panas bumi Rantau Dedap yang berlokasi di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

SERD akan mengembangkan sumber panas bumi di daerah Rantau Dedap dan membangun pembangkit listrik panas bumi dengan kapasitas pembangkit sebesar 220 MW, dan dijadwalkan untuk beroperasi secara komersil pada tahun 2016, dan listrik yang dihasilkan oleh proyek tersebut akan dipasok kepada PLN berdasarkan perjanjian daya beli. SERD berharap untuk mendapatkan peralatan utama untuk pembangkit listriknya dari pabrikan Jepang dan pembiayaan yang aman melalui proyek pembiayaan dengan bantuan dari bank komersil internasional dan lembaga kredit ekspor seperti Japan Bank for International Cooperation. 

Sebagai sumber panas bumi terbesar di dunia, dan pertumbuhan permintaan kelistrikan yang cepat, pemerintah secara proaktif meletakkan dasar untuk memperluas pengembangan pembangkit listrik panas bumi. Proyek ini adalah bagian dari program pengembangan listrik pemerintah Indonesia (Program Jalur Cepat II) dan menjadi tempat penting bagi pengembangan energi panas bumi di waktu mendatang. Marubeni melalui proyek tersebut akan memberikan kontribusi dalam menjaga kestabilan pasokan listrik dan memfalisitasi sumber panas bumi sebagai energi terbarukan di Indonesia.

Garis besar proyek Rantau Dedap:
Nama Perusahaan : PT Supreme Energy Rantau Dedap
Kepemilikan : Marubeni 35%, Supreme Energy 30%, dan GDF Suez 35%
Lokasi Proyek : Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia
Kapasitas Pembangkit : 220 MW
Biaya : Sekitar US$ 990 Million
Pelaksana : PT PLN (Persero)
Masa Kontrak : 30 tahun
     
Garis besar anggota konsorsium
PT Supreme Energy
Didirikan : September 2007
Perwakilan : Mr. Supramu Santosa (Presiden Direktur)
Kantor Pusat : Jakarta, Indonesia
Bisnis : Pengembangan dan Investasi Panas Bumi
     
GDF Suez S.A
Didirikan : Juli 2008
Perwakilan : Mr. Gerard Mestrallet (Ketua dan CEO)
Kantor Pusat : Paris, Perancis
Bisnis : Produksi, penjualan, dan investiasi perairan, listrik, dan gas.